Pencanangan Zona Integritas dan Implementasi Aplikasi Mang Asep by si Arek

BANDUNG (BKN)- Pemerintah Provinsi Banten turut mendukung Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional III mewujudkan Zona Integritas menuju WBK-WBBM, sebagai salah satu implementasi sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh Instansi Pemerintahan demi meningkatkan kinerja Pemerintah dalam pelayanan terhadap masyarakat.

Kepala BKN Kanreg III, Imas Sukmariah mengawali pertemuan yang turut dihadiri oleh Kepala BKN Pusat, Ketua Komisi II DPR RI, Ketua Ombudsman perwakilan Jawa Barat, Kepala BKD Provinsi Banten, Kepala BKD Provinsi Jawa Barat serta Kepala BKD dilingkungan Kantor Regional III Bandung dan tamu undangan lainnya, Imas menjelaskan “tujuan dari penyelenggaraan acara ini untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian melalui Pencanangan Zona Integritas demi mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)”.

Dan kini dalam rangka percepatan pelayanan kepegawaian secara paperless atau less paper dengan menggunakan aplikasi “MANG ASEP by si Arek” yaitu Aplikasi Sinkronisasi Elektronik Pegawai, tidak perlu lagi membawa berkas yang tebal-tebal lagi dalam pengurusan kenaikan pangkat maupun pensiun pegawai”. terang Imas.

Lebih lanjut dalam sambutan Ketua Komisi II DPR RI, Herman KhaeronDengan adanya aplikasi tersebut harus menguatkan institusi BKN, sebelumnya saya apresiasi sekali dengan kinerja yang baik dari BKN khususnya BKN Kanreg III, kemarin istri saya ketika mengurus pensiun dini dari PNS merasa sangat terbantu, mudah dan tidak ada pungutan-pungutan lagi”.

Kami ingin mendorong suatu penguatan kepada institusi BKN, juga sinkronisasi pola dan arah kebijakan dan tata kelola pembinaan sehingga tidak ada tumpang tindih dengan institusi lainnya seperti antara BKN dan Kemenpan-RB, dan perlu ada pembangunan dan penguatan koordinasi atau sinergitas antara BKN Pusat dan Badan Kepegawaian daerah”. JelasHerman.

Selanjutnya penandatangan komitmen bersama dari Kepala BKN Kantor Regional III dengan seluruh Stakeholder dan Instansi Pemerintahan yang terkait lainnya, salah satunya dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Ceno Hersusetiokartiko.

Menutup acara tersebut Kepala BKN Pusat, Bima Haria Wibisana menyampaikan sambutannya “Keberhasilan Zona Integritas dapat dicapai jika seluruh pegawai memiliki satu mindset yang sama, yaitu ingin mewujudkan Zona Integritas”.

Menurut Bima, Implementasi dari Aplikasi “MANG ASEP BY SI AREK” ini sebagai batu loncatan BKN untuk full digitalisasi data di masa depan, dan ini tidak bisa ditahan lagi bahkan sudah menjadi suatu keharusan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini. “melalui Implementasi aplikasi ini insya Allah Zona Integritas dengan sendirinya akan mengikuti, karena interaksi secara langsung dalam pengurusan kepegawaian berkurang, sehingga membatasi munculnya praktik-praktik yang tidak benar”.

saya mengajak kepada teman-teman di BKN Kanreg III untuk lebih membuka diri, kita jalin komunikasi yang lebih baik sehingga kedepannya BKN Kanreg III akan menjadi lebih maju”. Tutup Bima.

Sumber : dari berbagai sumber