Rekonsiliasi Data Kepegawaian Online Tahun 2019

Sesuai Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Database Pegawai Negeri Sipil bahwa untuk mewujudkan dan menjaga databasePNS yang sinkron antara SIMPEG dengan Perangkat Daerah maka diperlukan rekonsiliasi data kepegawaian secara rutin,

dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2000 tentang Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah yang dalam lampiran disebutkan bahwa unit kerja merupakan sumber data penunjang proses pengolahan data kepegawaian dalam SIMPEG;

Saat ini kebutuhan layanan secara online sudah merupakan keharusan, kemudahan layanan menjadi tolok ukur utama suatu sistem layanan. BKD sebagai lembaga yang bertuga melayani Administrasi Kepegawaian di lingkup Pemerintah Provinsi Banten pun mulai melangkah ke arah layanan secara elektronik.

Untuk memperolah data yang valid dan update itu maka BKDP telah melakukan Rekonsiliasi Data PNS di lingkungan Provinsi Banten, Update data ini melalui Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) yang telah dibangun BKD sejak tahun 2015 yang lalu. Diharapkan jika Simpeg ini sudh berjalan dengan baik akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Administrasi Kepegawaian, sehingga PNS di lingkungan Provinsi Banten pada saatnya nanti dapat mengurus semua urusan kepegawaiannya secara online.

BKD telah menyusun rencana yang sudah dimulai tahun 2017 dengan memberikan pelayanan administrasi kepegawaian secara online melalui Website dan aplikasi dari Smartphone.

Diharapkan dengan layanan ini pengurusan administrasi Kepegawaian menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Namun demikian keberhasilan layanan ini juga membutuhkan dukungan dari seluruh PNS dilingkungan Provinsi Banteni, bentuk dukungan yang utama adalah Updating data, data yang ada di Simpeg pada dasarnya adalah tanggungjawab dari masing – masing PNS pemilik data, kewajiban dari PNS ini adalah untuk selalu men-update data dirinya segera setelah ada perubahan data seperti kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala maupun data-data lainnya.