Gubernur Siap Dukung BPKP Banten

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, peran Badan? Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Banten sangat penting dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap aparatur pemerintah dalam memperbaiki pengelolaan keuangan daerah.

”Tanpa adanya pemeriksaan kecenderungan membuat kesalahan dalam menguasai kekayaan dan aset. Sangat bagus yah karena dengan adanya mereka tugas pemantauan kita lebih luas jangakuannya. Kalau dulu saya jadi Walikota (Tangerang), saya manfaatkan betul mereka (BPKP),” kata pria yang akarab disapa WH itu saat prosesi Pengukuhan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten yang diserahterimakan dari Arif Tri Hardiyanto kepada Bonardo Hutauruk. di Pendopo Gubernur, KP3B, Kota Serang, Jumat (11/8).

Turut hadir Wagub Andika Hazrumy, Sekda Banten Ranta Soeharta dan beberapa kepala/wakil kepala daerah sepetti Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Wakil Wali Kota Cilegon Edi Ariadi dan Wakil Wali Kota Serang Sulhi Choir.

 

Dijelaskan WH, keberadaan keberadaan BPKP di daerah sangat penting demi mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik.

"BPKP itu mitra yang akan bantu saya, wagub, sekda dan teman-teman OPD serta kabupaten/kota. BPKP yang akan memeriksa kita. Kalau kita tidak diperiksa kita jadi keterusan," katanya.

WH juga berjanji akan melibatkan BPKP dalam setiap laporan keuangan di Pemprov Banten sebagaimana yang dilakukan saat menjadi Wali Kota Tangerang pada 2003.

"Saya tidak terlampau sombong atau memuji diri. Tapi faktanya saya saat jadi wali kota tahun 2003, saya yang pertama datang ke BPKP minta tenaga audit. Karena kita akui kurang SDM bidang keuangan," katanya.

Menurutnya, dalam mengelola keuangan pemerintahan tidak gampang.

"Kalau tidak dikoreksi kita bisa memanipulasi. Harus ada kesungguhan untuk memperbaiki. Saya minta pak sekda harus ada di setiap lini SDM yang memiliki kompetensi dalam hal keuangan. Kalau ada temuan kerugian segera kembalikan, kalau administrasi segera tertibkan,”katanya.

Mantan Kepala BPKP Arif Tri Hardiyanto berharap pemimpin yang baru bisa langsung dapat bekerja dan sinergi. “Saya harap supaya bisa tune in,”ujarnya.